Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (2024)

Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (1)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Rapat Pleno DPP Partai Golkar memutuskan memilih Agus Gumiwang sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, tiga hari setelah Airlangga Hartarto memutuskan mengundurkan diri.

"Saya diberikan amanat sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar dan tugas utama saya mengantarkan Golkar menuju musyawarah nasional (munas) dan rapat pimpinan nasional (rapimnas) partai Golkar," kata Agus Gumiwang saat jumpa pers di gedung DPP Partai Golkar, Selasa (13/08) malam.

Agus mengatakan Partai Golkar di bawah kepemimpinannya akan semakin kompak dan solid dalam menjalankan beberapa agenda besar, salah satunya mendukung program-program kerakyatan pemerintah.

"Partai Golkar menjaga komitmen untuk menyukseskan pemerintahan bapak Prabowo - Gibran menuju Indonesia maju," kata Agus.

Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (2)

Sumber gambar, Dok. Partai Golkar/Kompas.com

Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar, terhitung sejak Sabtu malam (10/8). Istana Kepresidenan menyatakan keputusan mundur itu "tidak ada kaitan sama sekali" dengan Presiden Joko Widodo.

Lewatkan Artikel-artikel yang direkomendasikan dan terus membaca

Artikel-artikel yang direkomendasikan

Akhir dari Artikel-artikel yang direkomendasikan

Sehari sebelum mengundurkan diri, Jumat (09/08), Airlangga Hartarto dilaporkan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut Kompas.com, Airlangga tiba di kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 14.07. Dia meninggalkan tempat itu sekitar pukul 15.49 WIB.

Belum ada keterangan Istana tentang agenda pertemuan itu. Usai pertemuan, Hartarto mengatakan bahwa dirinya dan Jokowi membahas tentang sejumlah isu ekonomi nasional.

"Update ekonomi tadi," kata Airlangga Hartarto saat ditanya wartawan. Dia lalu menjelaskan tentang apa yang dibahas.

Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (3)

Sumber gambar, Detik.com

Lewati Podcast dan lanjutkan membaca

Investigasi: Skandal Adopsi

Investigasi untuk menyibak tabir adopsi ilegal dari Indonesia ke Belanda di masa lalu

Episode

Akhir dari Podcast

Pada Senin (12/08) pagi Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan pengunduran diri Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu tidak ada kaitannya dengan Presiden Joko Widodo.

"Pengunduran diri Bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar adalah pilihan atau hak pribadi beliau yang selanjutnya sepenuhnya menjadi urusan internal Partai Golkar. Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan Presiden," kata Ari Dwipayana kepada wartawan, Senin (12/08), seperti dilaporkan Detikcom.

Ari mengatakan Airlangga tetap menjalankan tugas sebagai Menko Perekonomian di kabinet.

Sejumlah laporan menyebutkan Airlangga saat ini berada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mengikuti sidang kabinet.

"Sampai saat ini Bapak. Airlangga Hartarto tetap menjalankan tugasnya membantu Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Perekonomian RI. Dari semalam sampai hari ini beliau mendampingi bapak Presiden di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Mengapa Airlangga mundur?

Dalam video resmi yang disiarkan Partai Golkar di Jakarta, Minggu (11/08), Airlangga menjelaskan alasan dia mundur karena ingin menjaga keutuhan Partai Golkar dan memastikan stabilitas selama transisi pemerintahan dari Presiden RI Joko Widodo ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP Partai Golkar,” kata Airlangga dalam video tersebut.

Setelah ini, kata Airlangga, Partai Golkar akan melanjutkan proses penunjukan ketua umum baru, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di internal.

“DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku,” kata Airlangga.

Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (4)

Sumber gambar, Dok. Golkar/Kompas.com

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan sejumlah alasan mengapa Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mundur dari jabatannya.

Doli menyebut Airlangga mundur dari Ketum Golkar demi mempertimbangkan soliditas di internal Golkar.

"Dasar pertimbangan pengunduran diri itu Pak Ketum mempertimbangkan soliditas di dalam jajaran Partai Golkar dan juga menjadi bagian untuk mencoba menciptakan situasi kondusif di dalam masa transisi pemerintah di masa yang akan datang," ujar Doli sebagaimana dikutip Kompas.com di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2024).

Baca juga:

  • Jokowi, Gibran, dan 'kendaraan politik' bernama Golkar: Ke mana langkah Jokowi setelah lengser?
  • Desakan munaslub Partai Golkar, pengamat politik: ‘Jika tidak merapat ke capres pilihan Jokowi, sangat mungkin Airlangga diganti’

Menurut Doli, Airlangga perlu lebih berkonsentrasi di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menko Perekonomian.

Dia menyebut Airlangga lebih dibutuhkan kabinet untuk mengantarkan masa transisi pemerintahan ke kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto ke depannya.

"Karena banyak sekali program-program disiapkan sebagai program lanjutan untuk menjaga kesinambungan visi misi program 2 periode Jokowi-Ma'ruf Amin dan kemudian ke depan Pak Prabowo dan Pak Gibran," tuturnya.

Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (5)

Sumber gambar, Golkar

Apakah ada tekanan terhadap Airlangga?

Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar, Agung Laksono, mengeklaim bahwa Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai ketua umum partai bukan karena ada tekanan dari internal partai.

Agung menyebut keputusan Airlangga murni keputusan dia pribadi.

"Tidak ada tekanan, partai tidak menekan dia. Jadi, dari keinginan dia sendiri," kata Agung Laksono kepada kantor berita Antara saat dihubungi di Jakarta, Minggu (11/08).

Agung juga menyebut keputusan Airlangga mundur tidak dibahas atau didiskusikan terlebih dahulu di internal partai, termasuk ke kalangan politikus senior Partai Golkar sebelum dia menetapkan sikapnya itu.

"Tidak ada, tidak ada komunikasi atau konsultasi, konsultasi dia (Airlangga) mengundurkan diri, seperti itu, tidak ada," kata Agung Laksono.

Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (6)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Siapa pengganti Airlangga?

Rapat Pleno DPP Partai Golkar memutuskan memilih Agus Gumiwang sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, pada Selasa (13/08).

Agus mengatakan bakal mengantarkan Partai Golkar menuju musyawarah nasional (munas) dan rapat pimpinan nasional (rapimnas).

Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar, Agung Laksono, menjelaskan bahwa penetapan jadwal munas itu harus segera dilakukan karena penetapan partai terhadap bakal calon kepala daerah yang didukung Partai Golkar mesti mendapatkan tanda tangan persetujuan dari ketua umum dan sekretaris jenderal definitif.

Adapun KPU menjadwalkan pendaftaran bakal calon kepala daerah pada tanggal 27 Agustus 2024, yang artinya tersisa 16 hari lagi.

Bagaimana jejak rekam Airlangga?

Airlangga Hartarto lahir pada 1 Oktober 1962 di Surabaya, Jawa Timur. Dia merupakan anak kedua dari pasangan Ir. Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Soekardi. Ayahnya adalah seorang menteri di masa Orde Baru.

Airlangga berkuliah di Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan lulus pada 1987.

Setelah itu, Airlangga melanjutkan pendidikan tinggi ke Monash University Australia, dan mendapat titel MBA pada 1996.

Setahun kemudian Airlangga meraih gelar Master of Management Technology (MMT) dari University of Melbourne.

Sebagai anak menteri, Airlangga mengawali karier sebagai pengusaha. Dia berbisnis di berbagai lini seperti bidang agraria (pupuk) melalui PT Graha Curah Niaga. Lalu di bidang alat berat melalui PT Jakarta Prime Crane, serta PT Bisma Narendra.

Karier politik Airlangga di Partai Golkar mulai menanjak ketika dia terpilih sebagai Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) periode 2004-2009.

Airlangga pernah menjabat sebagai anggota DPR periode 2009 sampai 2014 dari daerah pemilihan Jawa Barat V.

Dia diangkat menjadi Menteri Perindustrian pada 2016 menggantikan Saleh Husin dari Partai Hanura.

Puncaknya adalah Airlangga terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar sejak 2017 sampai 10 Agustus 2024.

Golkar: Agus Gumiwang jadi Plt Ketua Umum Partai Golkar, gantikan Airlangga Hartarto - BBC News Indonesia (2024)
Top Articles
How To Build Stamina for Running: 6 Tips + Benefits | BarBend
15 Minutes Treadmill INCLINE Workout
Hotels Near 6491 Peachtree Industrial Blvd
Netronline Taxes
Ups Customer Center Locations
Oldgamesshelf
Avonlea Havanese
Dricxzyoki
Fort Carson Cif Phone Number
Southside Grill Schuylkill Haven Pa
How To Get Free Credits On Smartjailmail
Soap2Day Autoplay
Meg 2: The Trench Showtimes Near Phoenix Theatres Laurel Park
Strange World Showtimes Near Amc Braintree 10
Cape Cod | P Town beach
How to watch free movies online
Mephisto Summoners War
Hood County Buy Sell And Trade
Ts Lillydoll
Vanessa West Tripod Jeffrey Dahmer
The Exorcist: Believer (2023) Showtimes
Joann Ally Employee Portal
Is The Yankees Game Postponed Tonight
Mccain Agportal
Uconn Health Outlook
Big Lots Weekly Advertisem*nt
Homeaccess.stopandshop
Ford F-350 Models Trim Levels and Packages
Little Rock Skipthegames
Sunset Time November 5 2022
Happy Homebodies Breakup
Craigslist Pennsylvania Poconos
14 Top-Rated Attractions & Things to Do in Medford, OR
Webworx Call Management
Cylinder Head Bolt Torque Values
Rural King Credit Card Minimum Credit Score
5 Star Rated Nail Salons Near Me
Package Store Open Near Me Open Now
Kattis-Solutions
Moses Lake Rv Show
Usf Football Wiki
Craigslist Boats Eugene Oregon
Union Corners Obgyn
Arigreyfr
Luciane Buchanan Bio, Wiki, Age, Husband, Net Worth, Actress
The Cutest Photos of Enrique Iglesias and Anna Kournikova with Their Three Kids
Pas Bcbs Prefix
Bob Wright Yukon Accident
Craigslist Centre Alabama
Shad Base Elevator
Equinox Great Neck Class Schedule
Kindlerso
Latest Posts
Article information

Author: Frankie Dare

Last Updated:

Views: 6488

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Frankie Dare

Birthday: 2000-01-27

Address: Suite 313 45115 Caridad Freeway, Port Barabaraville, MS 66713

Phone: +3769542039359

Job: Sales Manager

Hobby: Baton twirling, Stand-up comedy, Leather crafting, Rugby, tabletop games, Jigsaw puzzles, Air sports

Introduction: My name is Frankie Dare, I am a funny, beautiful, proud, fair, pleasant, cheerful, enthusiastic person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.